29 Desember 2012

Rindu Kota Sultan, Yogyakarta!

25 - 27 Desember 2012. Yogyakarta - INDONESIA

Yogyakarta memang kaga ada habis habisnya menarik wisatawan lokal atau bule seperti saya (#plakk). Setelah beberapa bulan yang lalu saya berkunjung ke sini, liburan natal dan tahun baru pun saya putuskan untuk balik lagi ke Yogyakarta, padahal sebelumnya udah ada rencan bakal ke Bandung, Banyuwangi, Bogor bahkan ke Singapura, tapi kantong dompet kaga bisa dibohongi :), saya mengajak 2 teman saya, satu anak blm pernah ke Jogja, dan satunya lagi pernah, cuma ga lama. Budget kali ini saya atur segila mungkin agar ga terjadi seperti kunjungan beberapa bulan lalu yang sampai habis Rp.600.000 lebih :( saya coba potong anggaran buat makan, penginapan, dan beli oleh oleh nya jangan rakus!. Bodohnya saya, telat booking penginapan murah karena saat peak season, kamar bisa dipesan hingga 2 bulan sebelum keberangkatan! saya yang H-7 masih santai santai harus menahan pedih karena hampir semua hostel di dekat Malioboro udah Full Booked alias penuh, atau kalo enggak ya harga mahal. ada lagi teman Backpacker saya yang malah nakut nakutin "Wah mau ke Jogja ya? padahal ini kan peak season, pasti rame banget.. yaudah good luck aja deh" -__- semakin membuat saya khawatir kalo trip kali ini bakal banyak kendala, tapi ya lanjut aja. Prinsip saya, liburan ga boleh di rumah! hehe.

Oh iya, buat perbandingan, Naik kereta api ekonomi ke Jogja dari surabaya ada beberapa pilihan, Ada KA Logawa, KA Pasundan, KA Sri Tanjung, dan KA Gayabaru Malam Selatan. dengan tarif paling murah yaitu KA GBM Selatan (Rp.32.500) dan yg paling mahal KA Logawa (Rp.40.500) dengan hitung hitung budget dan waktu, kita mutusin pake kereta api Pasundan dari Surabaya Gubeng (06.00 AM) ke St.Lempuyangan (12.10 AM), tiba di Jogja siang hari jadi masih ada cukup banyak waktu buat jalan2 sekitar kota Jogja, kalau kereta lainya kebanyakan sampai Jogja nya malam hari jadi mending kalo agan dari Surabaya ya pake KA Pasundan saja (Rp.38.000). Untuk alternatif lain seperti bis kota non-patas bisa naik Bis P.O Mira Jurusan Surabaya-Madiun-Solo-Yogyakarta. Harganya sama Rp.38.000 - kalau pakai kartu langganan dipotong 4 ribu jadinya Rp.34.000 dengan durasi sekitar 7-8 Jam perjalanan (KA Pasundan 6 Jam saja) :D silahkan pilih mau yg mana?...

HARI KE-1 (SELASA, 25 DESEMBER 2012)
     Balik ke topik deh, pagi hari, saya dan 1 teman saya sudah siap di Stasiun Gubeng setengah jam sebelum keberangkatan. teman saya yang lain harus rela berlama lama naik bis kota karena ga kebagian tiket. FYI, Sekarang sistem ticketing nya udah mirip macam boarding pass, 1 lembar tiket buat 1 orang dan nama yang ada di tiket harus sama persis sama yang ada di KTP/K.Pelajar (buat yang belom tau nih). di kereta Pasundan suasana nya gitu gitu aja, Pengamen, pedangang asongan dengan teriakan keramat nya "yaa...aqua aqua mijon mizon aqua..", sama penumpang tumpah ruah di satu gerbong. ga banyak yang saya lakukan di kereta, kalau sebelumnya saya capek karena berdiri, sekarang saya capek karena duduk!
Kereta Api Pasundan  - Perjalanan menuju Yogyakarta
      Setibanya di St.Lempuyangan sekitar pukul 12.30 Siang, nge-trip kita bakal segera dimulai, kita lanjut jalan ke Sosrokusuman, dekat malioboro. jaraknya ga terlalu jauh kok. kalo aja ada trans jogja pasti kita naik itu, masalahnya dari Lempuyangan kaga ada Transjogja bro. kalau mau naik transjogja harus jalan kaki ke halte Yos sudarso, sama aja kan? Alternatif lain ya naik Ojek atau becak dengan harga 10.000-15.000 tergantung kemampuan menawar. Penginapan kita ada di daerah Sosrokusuman, jalan kaki semenit udah sampe Malioboro haha. Penginapan yang kita tempati sebenarnya adalah hasil usaha keras sms teman/keluarga/tetangga kalau kalau ada rumah "nganggur" yang bisa kita tiduri tempati selama 2 malam, H-0,005 baru ada yang konfirmasi, "tuh tetangga nya temen saya ada rumah deket Malioboro" kata ibu teman saya. langsung sujud syukur deh saya waktu itu :D karena anggaran bisa dipangkas sampe Rp.50.000 karena budget hostel dihapus alias gratis

Hasil numpang penginapan di daerah Sosrokusuman, Terlihat wajah saya yang bahagia            karena ga jadi ngeluarin uang warna biru haha....
     Packing-packing, neduh, istirahat sama ngobrol ngobrol sambil menunggu teman saya yang satunya lagi karena naik bis pastinya macet ya. apalagi pas liburan gini. sambil nunggu teman, nih saya kasih rute perjalanan saya hari pertama : Pasar Beringharjo -> Benteng Vrederburg -> Titik 0 KM -> Tugu Jogja -> Malioboro -> kembali ke penginapan.

Akhirnya kita sudah lengkap ber tiga setelah menunggu beberapa jam di penginapan. oke kita mulai perjalanan jalan kaki nya ke Pasar Beringharjo,deket aja kok dari sosrokusuman, tinggal jalan ke arah selatan sampe tuh di beringharjo. Pasar ini tempatnya cari batik kata orang orang. bukan hanya karena batik nya, harga nya juga murah murah. Sayang banget...pas kita kesini, Pasar beringharjo sedang ditimpa bencana lautan manusia, sampai sampai ga ada celah buat berjalan, masuk selangkah kedalem aja rasanya macam jalan dari sungai Nil ke rumah saya (mau ke rumah saya?) udahlah daripada mati akhirnya kita cancel jadwal ke pasar hari itu dan lanjutkan perjalanan ke Benteng Vrederburg. :( hikksss...

Pasar Beringharjo dan kerumunan pembeli nya
     Disinilah kita sekarang, di benteng vrederburg dengan pilar pintu masuk yang kokoh berdiri menyangga tulisan "Benteng Vrederburg" di tengahnya. Tiket masuk diberlakukan Rp.2000 untuk orang dewasa lokal (entah kalau anak2 atau bule #lohsayakanbule XD. didalam benteng terdapat beberapa tampat yang bisa jadi spot unik untuk foto-foto atau buat yang pengen belajar sejarah Yogyakarta. Ada ruangan ber-AC berisi diorama yang menceritakan kisah2 para pejuang, entah perjuangan apa saya juga ndak tau --> pernyataan general dari seorang travel writer yang kaga suka sejarah ya gini ini -_-. dilengkapi dengan deskripsi yang tampil di LCD plasma layar sentuh! Keluar lagi kita bakal disuguhi arsitektur bertema eropa kuno dan peperangan dengan pilar, Patung patung, benteng yang masih asli dll. Keren banget !!.

Benteng Vredeburg dan apa yang ada didalamnya
      Keluar dari Vrederburg, sempatkan berjalan ke arah selatan menuju Titik 0 KM Yogyakarta. buat saya ini nih tempat yang bukan Yogyakarta banget. malah terlihat macam Eropa! tapi masih kental dengan budaya Jawa nya. Sebenernya ini cuma jalan biasa dulunya, karena lokasi yang strategis, lalu dibangun gedung gedung besar ditepi nya seperti bank dan monumen, malah sekarang dibangun Patung 0 KM berbentuk kaki dengan pembuluh darah yang mbulet (saya kaga tau maksud patung nya apaan, apakah kaki berarti simbol kedatangan, terus pembuluh darah nya apa? saya bingung juga). persis di bawah patung ini, kebetulan sedang ada atraksi pantonim pantomin pantomim dengan empat orang bertingkah layaknya patung dan baru bergerak setelah diberi uang receh, haha.. make up nya sempurna, malah tidak terlihat seperti orang.
Semarak di Titik 0 KM. Dan if you believe that He'sonly a statue, you're wrong..
     Di titik 0 KM saya/kita sempat melihat monumen serangan umum 11 maret, tapi karena pagarnya ditutup dan jalan satu satunya kesana adalah putar balik ke pintu masuk benteng Vrederburg, akhirnya kita foto aja dari depan gerbang, setelah itu kita lanjut perjalanan cari tumpangan makan :D. benar benar super ngirit. untuk 1X makan saya jatah Rp.6.000,- dan ga boleh pesen minuman! karena udah bawa sendiri satu botol gede dari rumah. dan parahnya, cari makanan murah di Jl.Ahmad Yani - Jl.Malioboro susah banget menurut saya. harga makanan "layak" saja kisaran 10.000-15.000. dan apa yang saya makan? cuma mie ayam dengan porsi dikit banget dan itu 6000 rupiah :(. saya juga belum tau dimana cari tempat makan yang murah kalau di Malioboro/Ahmad yani semoga yang baca ini bisa kasih komentar. setelah nyemil kita balik ke penginapan buat istirahat sambil mandi buat trip ntar malem. eh bytheway, rute rute pendek so far kaga pake transjogja samasekali, karena jarak antara tempat satu & lainya deket kok.

Pukul setengah tujuh malam, kita melanjutkan perjalanan ke Tugu Jogja. orang bilang kalo "Belum ke Jogja kalau belum ke malioboro dan tugu Jogja" nah ini rute yang menurut saya lumayan jauh kalau jalan kaki, tapi kita tetep jalan kaki. kalau mau naik Transjogja gampang, tinggal naik di Halte Malioboro 1 atau 2 lalu turun di Halte Mangkubumi 1 atau bisa juga Halte Sudirman 3. dari sana tinggal jalan sedikit sudah sampe di tugu Jogja. Pas kita dateng, Tugu Jogja sekarang sudah dipugar. di sekeliling nya dikasih pagar supaya orang orang ga pada duduk di Tugu buat menjaga kelestarian Tugu. wah padahal beberapa bulan yang lalu saya duduk di sana sekarang cuma bisa lihat didepan pagar nya saja huhuhu T,T. Eh kalau mau foto hati-hati lo, disana banyak kendaran lalu lalang. saya dan teman saya saja hampir ditabrak sama motor, sama andong, and surely you don't want this experience happened on yours, do you?

Bentuk Baru Ornamen tugu Jogja dengan Sign "Dilarang Masuk" nya
     Puas berfoto di depan maskot nya kota Sultan nih, kita lanjutkan perjalanan ke Malioboro, denyut nadi ekonomi nya Jogja, dari Tugu kita sebenernya mau saja jalan kaki, tapi karena estimasi waktu, kita akhirnya naik transjogja dari Mangkubumi 1 ke Malioboro 1, kita telusuri jalan malioboro mulai dari akhir jalan AbuBakar Ali hingga sampai ujung Jalan Ahmad yani, berbekal kaki, tenaga dan duit sepuluhribuan, saya membeli oleh2 sederhana Rp.4000 an (sebenernya mau "skip" saja beli oleh-oleh tapi karena beli bingkisan khas kota tertentu untuk keluarga/teman sudah jadi budaya, saya ga bisa lepas dari kegiatan ini walaupun intensitas nya bisa dikurangi :)) Selain semaraknya JL.Malioboro, kita juga akan sering melihat musisi jalanan yang dengan kompaknya memainkan alunan lagu tradisional dengan alat musik seperti gendang, gitar dan angklung, tak lupa dengan penari nya. Selesai belanja, perjuangan mencari makan malam akan dimulai, entah berapa menit kita habiskan untuk cari makanan yang murah, ditambah toko2 yang udah pada packing packing karena jam udah menujukkan pukul 10 kurang. Alhasil kita tidak bisa menemukan makanan dengan porsi besar di sana, akhirnya kita menyerah dengan hanya beli sate ayam dengan lontong saja -_- (Rp.6.000).
Musisi Jalanan di JL.Malioboro | Saya di salah satu toko kerajinan
     Hari sudah mulai larut, kita putuskan untuk mengakhiri perjalanan hari pertama kami. Dengan berbagai pengalaman yang sudah kami lalui hari ini, saya jadi jatuh cinta sama Kota Jogja, cintaku dalaaamm banget sampai sampai tak hancur oleh apapun (ayo ayo tidur!! -_-)

PENGELUARAN HARI PERTAMA
1. Kereta : Pasundan (Rp.38.000), Camilan di kereta (Rp.2.000)
2. Vredeburg : Tiket masuk (Rp.2.000)
3. Makan : Makan Siang (Rp.6.000), Makan Malam (Rp.6.000)
4. Transjogja : Balik ke malioboro (Rp.3.000)
5. Malioboro : Oleh oleh (Rp.4.000)
TOTAL : Rp.61.000,-

HARI KE-2 (RABU, 26 DESEMBER 2012)

Pagi pagi sekali sekitar jam 6, kita bergegas menjalankan trip hari ke-2 dengan rute Candi Borobudur -> Keraton Ngayogyakarta -> Tamansari -> Mirota -> Pasar malam Sekaten -> Museum Sonobudoyo -> Penginapan. Sebelum pergi ke borobudur, kami sarapan dulu di emperan Jl.Malioboro dekat halte, sempat saya merasa beruntung karena menemukan makanan murah sengan porsi besar, Soto Jogja !! Rp.5.000 saja, dipesan langsung, masih hangat dan enak #terharu. Kalo mau beli silahkan jalan di depan halte malioboro 2. persis di belakang nya biasanya bapak soto ngetem (cuma pagi doang). puas makan, kita langkahkan kaki menuju Halte Malioboro 2 yang tepat di depan kita menuju ke terminal Jombor. agak ribet sih kalau mau ke sana, harus transit dari bus 3A ke 3B, sering sering tanya sama petugasnya saja biar ga nyasar.

Sampai di Jombor, kita naik bus mini ke Terminal Borobudur, Harganya ternyata naik pemirsah! yang dulunya Rp.10.000 jadi Rp.12.500. mungkin karena liburan jadi tarif nya dinaikkan atau memang naik ya? bodo ah. Sesampainya di terminal Borobudur, jangan bayangkan kalau Candi Borobudur sudah ada di depan mata, melainkan masih sekitar 1-2 KM dari terminal. Saya yang dulu naik ojek kesana, kali ini lebih memilih untuk jalan kaki agar bisa tau jarak tempuh nya, dan ternyata dekat!, rute nya juga ga berbelit belit! 10-15 menitan sampai deh di Borobudur.

Saya mau ceritakan apa yang saya alami waktu disana, mulai dari Tiket masuk yang ternyata turun harga! dari Rp.35.000 (Mei 2012) menjadi Rp.30.000 (Desember 2012) haha hemat nih ceritanya :D. sampai di dalam, kita akan diwajibkan (sebenarnya ga wajib juga sih) untuk memakai kain batik yang dipakai di pinggang, FREE of charge !. kami jelas pake dong, walaupun terlihat sedikit asing, tapi banyak pengunjung juga pakai ini kok, biar suasana lebih tradisional gitu.. Setelah itu kita harus mendaki anak tangga menuju tingkat 1 Candi Borobudur. Wah HEBAT!! saya kesini lagi.. tapi kali ini sedikit "berbeda" ya, ada tingkatan candi (kalau tidak salah tingkatan ke-3) yang direnovasi, sehingga pengunjung tdk diperkenankan masuk ke tingkat 3. selebihnya sama seperti sebelumnya. Elok, Mistis, Besar, Tua, Spektakuler.. mungkin ini yang bisa menggambarkan ke-akbar-an candi Borobudur (Candi Buddha terbesar ke-2 di Dunia).

Candi Borobudur dan Segala Kemegahanya
     SAYA MALU. Ada pengalaman berkesan, ada juga pengalaman yang sedikit membuat saya malu. seperti yang anda tahu bahwa nih candi merupakan spot paling populer di Sleman(Jateng), means that tempat ini juga didatangi banyak tourister asing atau lokal. Kerapkali turis lokal ini (yang biasanya anak2 remaja) berfoto foto seolah tempat itu adalah miliknya, saya melihat mereka bergaya dengan pose-pose tidak jelas dan bahkan terkesan menghinaAda yang membentangkan syal berisi tulisan "BONEK MANIA" (tau kan ini?) sambil berpose ala-ala orang tidak berpendidikan. ada yang naik naik sambil memegang stupa. ada yang lari-lari sembari menghasilkan teriakan yg nyaring. tentu saja itu mengganggu kenyamanan turis lain dong? yang baca ini semoga sadar bahwa borobudur bukan tempat untuk bernarsis ria-ini adalah tempat untuk mengagumi warisan budaya kita. berfoto dan berwisata boleh, hanya saja patuhi tata krama dan kesusilaan kita ya!!.

Puas berjalan jalan turun-naik di Borobudur, kita memutuskan untuk tidak keluar dulu karena di sekitar kulihat dia, tiada seindah dulu. Borobudur masih ada beberapa spot yang patut dikunjungi seperti Museum Borobudur, GUSBI (Galeri Unik Seni Borobudur Indonesia), pasar kerajinan tangan dan pakaian, serta banyak warung makan yang murah. Karena buta arah, kita ga menemukan Museum Borobudur padahal udah tanya ke beberapa petugas loh, akhirnya sampai Ke GUSBI malah tdk jadi masuk karena harus membayar Rp.3.000 lagi (kebetulan saya malas mengeluarkan uang nih). akhirnya lanjut jalan ke pertokoan Seni dan Pakaian. banyak kerajinan murah, banyak kaos murah tapi saya lebih memilih untuk beli gantungan kunci, SANGAT murah dan bisa dibagikan ke beberapa orang sekaligus T,T. Untuk makan saya sarankan mampir ke rumah makan warna hijau (lupa nama nya), Keluar dari pertokoan seni, depan persis ada warung makan warna hijau. disana murah murah (ada yang mahal memang, jgn pesen yg mahal, beres XD).

Makan, kenyang. kita menuju pintu keluar. setelah pintu keluar terdapat berjejer pedagang asongan yang menawarkan souvenir, saya terkejut mendengar harga miniatur prambanan yang dijual dgn harga Rp.5.000. dengan penuh PD saya beli tuh miniatur. berjalan kaki beberapa detik, ada yang nawarin lagi barang yang sama, "mas, mau beli prambanan, 10.000 dapet 3 mas!" SERUIS.... Saya seperti traveller dungu yang barusaja kena tipu, saya berusaha menolak tawaran penjual itu walaupun murah gilaa.. "mas, 10.000 saya kasih 4 deh mas!"...... Hati saya tercabik cabik rasanya T,T untung aja cuma beli 1 tadi, cuma rugi Rp.2.500. gimana temen saya yang sudah terlanjur "mborong"..??

Kios kios tersebar di depan pintu keluar Borobudur | Souvenir Jebakan :D
     Jadi Intinya, Patung patung miniatur seperti itu harganya kaga sampe Rp.3000 rupiah kok, jangan mau tertipu. Cuma... kualitasnya ga bagus bagus amat (beda ama yang di malioboro Rp.9.000), tuh miniatur cuma terbuat dari batu kapur, lalu dicat.. sebentar aja udah hancur kok. Mau beli "reruntuhan"? :D haha.

Setelah meratapi betapa beratnya kehidupan -_- kami memutuskan untuk mengakhiri kunjungan di Candi borobudur dan berjalan kaki ke Terminal Borobudur. Sekedar apa yang saya lihat. ini memang terminal, cuma kok bis nya sedikit sekali ya? hanya ada 1-2 bis yang "nongol" di terminal borobudur. Interval kedatangan bis yang lain bisa mencapai 1-1,5 jam. Alhasil kami harus menunggu lama sekali untuk kembali ke Jogja.

Terminal Borobudur dan Satu bus nya
     Perjalanan di Bus cukup lama, dengan Ongkos Rp.12.000 kita akan diantarkan kembali menuju ke Terminal Giwangan, sepanjang perjalanan banyak saya temui bangunan dan pemandangan indah, salah satunya kompleks Candi Mendut serta candi candi kecil lainya, sayang...kami ada di Bus jadi tidak bisa mengabadikan pemandangan itu.

Dari terminal giwangan kita lanjutkan perjalanan menuju Keraton Ngayogyakarta. Dari Terminal Giwangan naik apa nih? mudah saja, kalau menurut cara "irit" saya, ya naik aja Transjogja sampai di Halte Ahmad Yani (setelah Halte Malioboro 2). sampai sana tinggal jalan kaki ke selatan menuju Alun alun utara, di belakang alun alun itulah berdiri kokoh tempat kediaman keluarga sultan seperti saya :P. untuk bahan pertimbangan, Keraton Ngayogyakarta itu punya 2 tepas (tepas dalam bahasa Indonesia artinya "Kantor") Tepas Kaprajuritan dan Tepas Pariwisata. Bedanya apa? Tepas Kaprajuritan itu bagian depan nya keraton, hanya berisi diorama diorama, panggung, beberapa ruangan museum dan pendopo. sedangkan Tepas Pariwisata merupakan bagian dalam Keraton, di Tepas inilah biasanya para keturunan kerajaan melakukan aktivitasnya sehari hari, ada pagelaran Gamelan/Macapat/Tari dll, berbagai museum, bangunan serta arsitektur yang indah. Jadi kalau mengunjungi Keraton saya sarankan masuk di Tepas Pariwisata, walau bayar agak mahal (Rp.4.000 Tps.Pariwisata, Rp.2.000 Tps.Kaprajuritan) tapi bener2 terbayar waktu anda masuk kesana. sayangnya, saya baru tahu kalau keraton yang ada di belakang alun alun utara itu adalah Tepas Kaprajuritan. Tepas pariwisata berada di beberapa puluh meter di belakang nya. so, pilih mana? dua dunya harus dikunjungi !

NB : Tepas Pariwisata tutup jam 14.00. Sedangkan kaprajuritan jam 16.00 (banyak banget ya saya jelasinya --")

Seusai pergi ke Keraton, kita lanjutin perjalanan ke TamanSari. dari keraton ke Tamansari bisa ditempuh dengan jalan kaki aja, ga jauh jauh amat sih kalau menurut saya. oh iya, sebelumnya kita ga tau kalau taman sari bakal tutup jam 3, alhasil kita ga kebagian untuk lihat bangunan inti nya tamansari (yang paling bagus buat foto foto), tapi tenang saja, untuk yang datang di atas jam 3 sore, masih ada spot spot menarik yang bisa dijadikan bahan pertimbangan :

1. Masjid Bawah Tanah
Masjid ini dulunya dipakai para sultan untuk beribadah, kenapa disebut masjid bawah tanah? ya karena memang letaknya di bawah tanah. untuk masuk kesini dikenakan biaya retribusi sukarela. bangunan nya masih asli, berwarna coklat muda, sedikit gelap, dan terdiri dari dua tingkat.

2. Kampoeng Cyber
Semenjak kunjungan saya bulan mei 2012 lalu, tempat ini masih sama. apa tuh kampoeng cyber? kampung ini adalah deretan rumah rumah biasa, yang malah terkesan sederhana. tapi dilengkapi dengan fasilitas full-speed internet atau WiFi di setiap rumah ! keren ga tuh :O namun saya belum pernah melakukan konfirmasi atau interaksi dengan warga di kampung cyber, ini kata nya guide saya.

3. Pintu masuk -_-
Karena Tamansari yang tutup pada jam 15.00 WIB, tidak banyak yang bisa dilakukan, salah satunya adalah mengunjungi pintu masuk Tamansari. walaupun label nya "Pintu masuk" tapi arsitektur nya bagus banget.

Masjid Bawah Tanah - Kampoeng Cyber - Entrance Taman Sari

Oh iya, saat kita kesini, kita kebetulan bertemu dengan sesama backpacker asal Russia, kita sharing sharing tentang wisata di Russia dan lain lain, bahkan dia janji kalau saya ke Russia nanti, bakal di host di rumahnya :D waaa rasanya senang sekali bertemu penduduk negara impian, apalagi senasib seperjuangan haha

Well, setelah puas berwisata di ketiga tempat itu, sebenarnya mau langsung lanjut ke tempat selanjutnya, tapi berhubung sudah tewas semua, kita memutuskan untuk balik ke penginapan, antara tamansari dan Sosrokusuman, bisa dibayangkan jarak jalan kaki nya yang lumayan jauh menurut saya, tapi masih tetap dalam walking distance saya.

Malam harinya, kita lanjutkan trip kita ke mirota batik, setelah sebelumnya Mirota tutup karena hari natal, sekarang toko yang menjual handcraft dan pakaian murah itu buka. banyak barang yang bisa kita temukan disini, mulai baju, batik, tas, suvenir, patung2, pernak pernik seperti gelang kalung dan masih banyak lagi. harga yang ditawarkan juga sangat kompetitif dengan yang dijual di malioboro. Letak toko ini di ujung jalan ahmad yani, terletak persis di depan pasar Beringharjo. Sebenarnya saya ingin beli banyak, tapi dengan semangat berlibur murah, saya skip dulu kegiatan belanja saat itu, karena toh saya sudah beli lumayan banyak barang di Malioboro :).

Memakan waktu sekitar satu jam, kita beralih ke tempat wisata selanjutnya yaitu Museum Senobudoyo. terletak di sebelah barat Alun alun utara. di sini kami mau melihat pertunjukan wayang kulit yang diadakan setiap hari mulai jam 8 hingga 10 malam. ada sedikit cerita lucu ketika perjalanan menuju ke sini. Sebelum berkunjung ke Jogja, saya telah melakukan googling tentang letak Senobudoyo. namun saat mencari museum ini di Jogja, yang saya temukan hanya bangunan yang sedikit gelap dan terkesan seperti rumah biasa, akhirnya kita bertanya ke salah satu orang disana dan dia berkata kalau Museum senobudoyo letaknya di sebelah monumen serangan umum 1 maret. Alhasil dengan rasa sedikit kecewa, kita jalan lumayan jauh ke tempat yang dituju. betapa geramnya saya karena tempat itu adalah Taman Budaya, bukan Museum Senobudoyo, kita kembali bertanya kepada penjaga TBY, dan dia bilang kalau letak Senobudoyo adalah di sebelah Alun alun Utara !! Benar dugaan saya, bangunan tadi memang tujuan kita ! terus kenapa kita harus menuruti kata kata orang tadi ya -__- saya bingung apakah saya yang bodoh atau memang missed-communication saja     .