26 Juli 2012

Welcome In Thailand (Part 06) - Hari Hari Terakhir Di Thailand, Time To Go Home !

Yeah, the last days in Thailand membuat saya berfikir, cepat banget hari ini berganti... rasanya baru kemarin kita berangkat dari Juanda, sekarang tinggal menunggu hari sudah harus pulang ke Juanda lagi :( so sad. tapi saya coba terima karena inilah realita, ada perjumpaan, ada pun perpisahan (tapi setidaknya masih ada beberapa hari buat explore Thailand lebih jauh lagi sebelum akhirnya kami meninggalakan negara Gajah Putih ini). this is it !

Setelah makan siang di KFC Big C Superenter, kita lanjutkan perjalanan untuk kembali ke Yala Rama Hotel untuk beristirahat serta bersiap siap menyambut malam yang ditunggu tunggu. malam yang udah dinantikan banget bagi siswa Thailand maupun Kita sebagai Delegasi Indonesia. Malam ini adalah malam Sosialisasi sekaligus Farewell Party untuk kita yang sebentar lagi akan take off dari negara ini. persiapan sudah dilakukan sebulan sebelum keberangkatan, mulai kostum untuk menari beserta pakaianya dan tak kalah juga Lagu kebangsaan Thailand "Phleng Chat Thai" kita hafalin juga.. kesan pertama memang sedikit rumit menghafalkan lirik lirik yang maknanya saja pun kami tak tahu :D tapi ya setelah beberapa jam saja kita udah hafal kok :).

Setelah beberapa jam memasang baju, berias diri dan sedikit latihan akhir di Hotel, kita berangkat menuju salah satu hotel di Yala, tepatnya di exhibition room yang sudah dipesan oleh sekolah kami. sudah banyak banget para undangan yang hadir di nih acara, jadi nervous :D sayang saja, panggung tari tidak seperti yang ada di banyangan kita (besar dan tinggi), yang kita lihat nih cuma panggung kecil (paling muat buat 4 orang) dan cuma setingkat mata kaki aja. alhasil kita jadi agak bingung karena harus merubah posisi tari, menyesuaikan dengan panggung yang tersedia. tapi thank god semuanya bisa teratasi :D. tak hanya kami yang akan menari, ternyata murid murid Thai juga bakal menari tarian khas Thailand juga loh :D wah bagaimana ya rupa kostum kami? ini nih :

Oke kita mulai dengan tarian khas Thaland yang dibawakan oleh 10 orang siswa Raman College ini, ada yang membawa bendera Thai, bendera Indonesia, serta foto Bhumibol Adulyadej, Raja Thailand. tarian disuguhkan sangat khidmad, dengan lembayung lembayung tangan lentik, dan gerakan luwes nya. senang bisa melihat tarian ini secara langsung. nah giliran kita tiba, tarian dimulai dengan saya seorang diri menarikan tarian bali "Pipi Sujenan" yang asal nya adalah sebuah lagu dengan hentakan hentakan suara macam tari kecak, tapi lebih fariatif. Disusul oleh 3 teman saya yang menarikan tapi Mejangeran yang juga berasal dari Bali. penonton berdecak kagum dengan kostum kami yang (mungkin) belum pernah mereka lihat. saya bangga pake kostum ini, Saya bangga jadi bagian dari masyarakat Indonesia !!

Rentetan acara selanjutnya yaitu sambutan kepala sekolah serta perwakilan guru Indonesia (Mr.Ratri dan Mr.Lukman) dilanjutkan pemberian cideramata berupa miniatur gajah Thailand, Uang Baht, Batik made in Thailand serta keris Pattani yang kemarin saya ceritakan (cuma dalam bentuk miniatur, kalo asli mahal men). wah !! senang sekali rasanya dapet nih bingkisan :D hitung hitung buat penyembuh kangen kalo udah lama ga bertemu lagi. tidak kalah juga kami juga memberi bingkisan kepada Raman College berupa miniatur simbol Kota Surabaya. Big thanks !

Acara berikutnya yaitu makan makan, dilanjutkan oleh menyanyikan lagu kebangsaan kedua negara, Indonesia Raya dan Phleng Chat Thai. semua hadirin seketika berdiri menghormati kedua lagu ini. gilaaaa !! bukanya saya mencela ,tapi Di indonesia penghormatan kepada lagu kebangsaan saja tidak ada loh !! (umumnya hanya sebatas penghormatan dalam upacara aja). Saya benar benar kagum kepada cara orang orang ini (umumnya orang orang Thai) dalam menghormati simbol simbol negara, pemimpin, serta sesama nya. Lagu kemudian dilanjutkan dengan lagu perpisahan yang serontak membuat beberapa siswa terharu karena sudah waktunya berpisah :( yah ini momen yang memang tidak diharapkan tapi harus dihadapi, inilah perpisahan ! :)

Setelah itu, acara telah selesai. dan saatnya kita berpmitan kepada siswa siswa Raman, staff serta pihat pihak yang udah banyak berkontribusi dalam menyambut hidup kita disini. terimakasi banyak semuanya, kalian membuatku semakin menghargai perbedaan, loyalitas, serta pertemanan.... :) #waktu nulis ini terharu lagi :)

PENGELUARAN HARI KE 17
  1. Phra Phuttha Saiyat Wat KhuhaPhimuk : THB 0
  2. Wat Chang Hai : THB 0
  3. Big C Supercenter Mall : Gantungan Kunci (THB 90)
TOTAL : THB 90


0 Komentar:

Posting Komentar